Header Ads

Breaking News
recent

ETIKA BERKOMUNIKASI


Oleh Isti Aning Ika H.

Setelah pembahasan saya sebelumnya tentang retorika kata yang dapat dilihat disini , kita juga perlu menerpakan yang namanya itu etika dalam berkomunikasi, karena etika dalam berkomunikasi itu sangat penting yang dapat mempengaruhi pemahaman komunikan.

            Kita mulai dengan arti kata etika, etika adalah kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, sedangakan kata komunikasi berarti suatu proses penyampaian informasi (ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak yang lain. Dari dua pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa etika berkomunikasi adalah akhlak dalam penyampaian ide atau gagasan ke pihak lain.

Jenis Komunikasi
Komunikasi memiliki beberapa jenis dalam cara penyampaiannya, yaitu :
1.      Komunikasi Verbal, komunikasi yang terucap secara langsung dalam menyampaikan tujuan.
2.      Komunikasi Non Verbal, komunikasi melalui tingkah laku/ ekspresi
Terdapat dua jenis lagi komunikasi berdasarkan lawan bicaranya yaitu :
1.      Komunikasi horizontal, yaitu komunikasi dengan teman sebaya
2.      Komunikasi vertical, yaitu komunikasi dengan orang yang lebih tua

Tujuan Komunikasi
Komunikasi memiliki beberapa tujuan, yaitu :
1.      To Inform, untuk memberitahukan, melaporkan informasi
2.      To Entertaint, untuk menghibur, menjamu.
3.      To persuade, untuk membujuk, mengajak, mendesak, meyakinkan.

Faktor Komunikasi 
1.      Komunikator (pembawa pesan)
2.      Pesan ( gagasan yang hendak disampaikan)
3.      Media ( Sarana untuk menyampaikan/menyalurkan pesan-pesan)
4.      Komunikasi (pnerima pesan)
Beberapa Faktor di atas tidak dapat kita pisahkan satu sama lain karena jika ada salah satu factor yang hilang maka komunikasi itu tidak dapat berjalan dengan baik.

Etika Berkomunikasi
Berikut adalah beberap etika berkomunikasi yang harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman, yaitu :
·         Menunjukan senyum ramah dan bersahabat
·         Menggunakan pakaian yang sopan
·         Memberikan tatapan mata ramah
·         Menggunakan intonasi yang tidak membuat lawan bicara merasa teerganggu
·         Menunjukkan ekspresi ramah dan menarik bagi lawan bicara
·         Menggunakan pilihan kata yang tidak terlalu berbelit dan mudah dipahami
·         Sikap yang wajar, tenang dan tidak baku
·         Kelancaran berbicara
·         Kesadaran menghargai pendapat orang lain
·         Gerak Gerik dan mimik yang tepat
·         Kenyaringan suara
·         Kontak mata 
·         Menguasai topik
·         Berbicara dengan retorika
·         Kelancaran Bahasa yang digunakan 

Dampak Komunikasi yang Buruk
Ketika kita berkomunikasi namun tujuan kita berkomunikasi itu tidak tercapai maka akan terjadi beberapa hal sebagai berikut :
1.      Kesalahpahaman
2.      Tidak ada ketertarikan
3.      Produktivitas rendah
4.      Menimbulkan kesalahan
5.      Membuat frustasi
6.      Kebingungan
7.      Membuang waktu
8.      Menyusahkan orang lain

Cara Berkomunikasi yang Baik
Untuk menghindari beberapa hal buruk seperti yang saya sampaikan sebelumnya maka ada beberapa cara untuk menciptakan suatu komunikasi yang baik,yaitu :
1.      Selalu menghormati terhadap orang yang diajak berkomunikasi
2.      Mendengarkan dengan ekspresi
3.      Menggunakan intonasi/penggunaan Bahasa yang jelas
4.      Menggunakan gaya Bahasa yang tepat 
5.      Tampil dengan energi yang lebih tinggi
6.      Komunikasi selalu didampingi dengan kritik dan saran
7.      Sisipkan kalimat pertanyaan dan bubuhi dengan sesuatu yang lucu
8.      Perhatikan Bahasa tubuh
9.      Mengerti alut pembicaraab dan memahami pembicaraan
10.  Tampil dengan lugas
Itu tadi merupakan etika dalam komunikasi serta cara kita untuk berkomunikasi yang baik yang bisa dan harus kita terapkan dalam kehidupan kita di masyarakat maupun di dunia perkuliahan yang tentunya itu sangat penting bagi kita. Sekian pembahasan saya tentang etika berkomunikasi, Terima kasih J


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.